Pages

22 Apr 2013

Becoming Best Presentator

Lagi-lagi aku diiming-imingi temanku yang baru saja mengikuti prosiding di Universitas Airlangga Surabaya dan menjadi best presentator. Dia mempublikasikan penelitiannya pada acara Seminar Nasional itu. Dalam hati saya bergumam, “Kalau temanku saja bisa, pasti aku juga bisa. “ Bukan berarti saya tidak mau kalah dengan orang lain, tapi saya sering termotivasi dari perkataan maupun “hasil kerja” orang lain. Akhirnya kesempatan yang ditunggu pun datang. Tanggal 10-11-12 KS Biodiversitas yang bekerja sama dengan Pasca Sarjana akan mengadakan Seminar Nasional Biodiversitas. Niat untuk apply penelitian pun semakin menggebu-gebu. Akan tetapi, satu hal yang menjadi hambatan, biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit, sekitar 250 ribu untuk kategori oral dan 100 ribu untuk kategori poster. Akhirnya saya pikir-pikir dulu nih, hingga saya pun bertemu dengan salah satu profesor yang kebetulan mengajar di pascasarjana dan menjadi bagian dalam Seminar Nasional ini. Beliaupun menyarankan saya untuk apply penelitian disini, bahkan kalau mau saya dibebaskan untuk tidak membayar biaya administrasi yang berkisar antara 200-250 ribu. Naskah kemudian saya kirim untuk direvisi kembali oleh pihak panitia penyelenggara.. 

Hari H-pun tiba. Total peserta yang ikut yaitu 78 orang untuk kategori oral dan 20 orang kategori poster. Saya mendapatkan kelas F. Sempat agak grogi juga ketika mengetahui bahwa teman-teman di ruangan saya ternyata Bapak/Ibu dan dosen-dosen dari luar universitas yang tentunya dengan kemampuan yang luar biasa. Ada juga beberapa mahasiswa dari universitas lain. Kebetulan, saya mendapat giliran akhir ketika presentasi. Presentator sebelumnya yang berasal dari Biologi UGM benar-benar luar biasa. Dari segi penampilan dan gaya presentasi, dia terlihat begitu meyakinkan. Penelitiannya pun tidak main-main mengenai analisis anemia bulan sabit. Namanya Ayesha Nilam. Saat itu, mahasiswa biologi UGM yang join banyak sekali.

Akhirnya tiba giliran saya. Presentasi berjalan lancar kurang lebih 15 menit. Setelah selesai, maka audience diperkenankan bertanya. Seorang ibu-ibu yang nampaknya berprofesi sebagai guru/dosen mulai menanyakan seputar penelitian saya. Setelah saya jawab, akhirnya pertanyaan kedua diajukan oleh musuh utama (alias si Ayesha.. -_-“). Dia menanyakan seputar analisis dan korelasi penelitian dengan aplikasi di lapangan. Alhamdulillah lancar menjawabnya.. J

Presentasi secara keseluruhan berlangsung dari pukul 12.30 sampai 15.00. Sesi selanjutnya yaitu coffe break dan pengumuman. Pengumuman berlangsung sekitar jam 16.00. Ada rasa berdebar seusai juara 1,2, dan 3 poster dibacakan. Acara selanjutnya pembacaan best presentator dari kategori oral. Alhamdulillah diberi kesempatan menjadi best presentator dan menerima hadiah dari panitia penyelenggara. Ucapan selamat dan terima kasih pun disampaikan oleh Ketua Panitia yang merupakan dosen pascasarjana. Dari teman-teman juga tentunya.. (sayang, foto-fotonya ada di kamera teman.. J)





I love presentation, so much.. :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar