Pages

24 Mei 2013

Presentasi yang baik itu..


Ulasan ini sebagai sambungan ulasan sebelumnya yah..

To the point aja. Berikut tatacara atau etika presentasi yang baik menurut aturan yang pernah saya dapatkan dari gemblengan tim UPKPN selama 1 bulan..   

Pertama. Senyumlah ketika kamu sudah berada di panggung (di depan) walaupun presentasi belum dimulai.

Kedua. Jangan memulai presentasi ketika belum dipersilahkan baik oleh MC, moderator acara maupun dewan juri. Jika kamu berada dalam ajang kompetisi, memulai presentasi sebelum dipersilahkan oleh dewan juri adalah hal yang fatal. Pasalnya dulu saya pernah melihat juri menegur satu team lain yang telah membuka sesi presentasi padahal belum dipersilahkan.

Ketiga. Setelah dipersilahkan, mulailah kamu membuka presentasi dengan mengucapkan salam. Step selanjutnya > ucapkan selamat pagi, siang, sore, malam kepada para dewan juri, penyelenggara acara dan hadirin yang ada > perkenalkan diri kamu (kalau dalam sebuah tim ya perkenalkan satu persatu tim kamu dan jabatannya, misal si X sebagai ketua dari tim kamu), perkenalkan juga darimana kamu berasal (lembaga,  universitas mana, jurusan apa). > Disitu kamu mau ngapain, misal ingin mempersentasikan hasil penelitian kamu dengan judul.. blaa blaaa blaaa.. > Masuk ke bab selanjutnya yang mengawali materi kamu.

Aku contohin pembukaannya yah :
"Assalamualaikum WR. WB. Salam sejahtera bagi kita semua. Selamat siang para dewan juri yang terhormat dan hadirin sekalian yang berada di ruangan ini, kami delegasi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta akan mempresentasikan hasil penelitian kami yang berjudul ".....................". Sebelumnya saya erna susilowati selaku presentator, selanjutnya saudara X selaku ketua dari tim kami dan saudara Y selaku anggota. penelitian ini kami lakukan atas arahan dosen pembimbing kami yaitu Dr. Z, M. Si. Langsung saja kita mulai bab yang pertama yaitu latar belakang masalah. Seperti yang kita ketahui bahwa.. blaaa blaaaa blaaa..... 

Setelah latar belakangnya selesai :
"Dari latar belakang tersebut, bisa kita tarik benang merah bahwa tujuan penelitian ini adalah.......

Keempat. Selesaikan presentasi tsb tepat waktu yah. Semisal kamu dikasih waktu hanya 15 menit, mau tidak mau kamu harus bisa mengalokasikan presentasi kamu selesai tepat waktu dan semua slide sudah dipresentasikan. Jadi manajemen waktunya penting.

Kelima. Setelah presentasi selesai semuanya, jangan lupa akhiri presentasi dengan mengucapkan terimakasih kepada dewan juri, pihak penyelenggara dan hadiri atas perhatian yang diberikan.

Keenam. Biasanya sesi selanjutnya adalah tanya jawab. Dengarkan pertanyaan dari juri maupun audiens, jika perlu anggota lain mencatat pertanyaan itu (jadi notulen). Ini untuk mengantisipasi kalau lupa dengan pertanyaannya aja sih. Setelah pertanyaan selesai dilontarkan, ucapakan "Terimakasih atas pertanyaannya, jadii... bla bla blaaa..". Ucapan terimakasih untuk pertanyaan tsb hanya diucapkan untuk menjawab pertanyaan pertama. Selanjutnya bila masih ada feedback dari audiens atau dewan juri, silahkan langsung saja dijawab pertanyaannya. Jawab dengan singkat dan jelas ya, ndak usah terlalu bertele-tele. Jika ada argumen yang mendukung, boleh disebutkan tuh pernyataan dari siapa atau referensi dari buku mana. Yang jelas ketika menjawab, pertahankan penelitianmu atau apa yg kamu presentasikan tadi. jangan hanyut dengan feedback audiens maupun dewan juri. Kalau ada saran yang membangun, terima saja, jangan ngeyel, karena itu menunjukkan betapa kamu terlihat sebagai pribadi yang enggan untuk dikritik. Oia, kalo presentasinya 1 team, yang jawab ganti-gantian yah. Biar jobdesknya sama rata, jadi tim kalian terliahat kompak. Jangan sang presentator mulu yang jawab (biasanya sih begini kasusnya.. -___-).  Kalau itu presentasi mandiri, yang jawablah sesuai dengan kemampuanmu untuk menjawab.

Ketujuh. Slidenya nggak usah banyak-banyak yah. Singkat, padat dan jelas. Oia, saat presentasi berlangsung, jangan terlalu sering melihat slide. Ini menunjukkan kalo kamu tidak terlalu menguasai materi. Buktinya masih suka terpaut buat ngebaca slide tuh ^^. Kalau bisa all out aja, jadi presentasi sambil jalan atau interaksi sama audiensnya. Biasanya dilakuin oleh professional sih kalo begini.. hhihihi

Kedelapan. Penampilan harus rapi yah.


Udah ah, nggak enak kalo describenya kepanjangan. 
Silakan dicoba..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar