Pages

24 Mei 2013

Lakukan ini sebelum presentasi


Presentasi :)
Ada yang asing dengan kata-kata ini?..

Presentasi dimaksudkan untuk menjelaskan atau memperkenalkan sesuatu kepada audiens (pendengar) agar mereka mengetahui atau tertarik atau terpengaruh oleh sesuatu tersebut (halah ribet.. -_-).

Presentasi merupakan hal yang sangat pokok dalam dunia perkuliahan. Ya istilahnya kalau para dosen itu males ngasih kuliah, kemungkinan besar kalian bakal disuruh bikin kelompok, bikin paper trus dipresentasiin deh.. Wkwkwkwkw (nasib.. nasib... :D)

Tapi meskipun presentasi lekat banget di telinga para MAHAsiswa, nggak jarang lho yang masih grogi ataupun takut mencoba menyampaikan informasi di depan umum. Demam panggung gitu sih.. Hahahaha

Menurutku ada beberapa penyebab orang itu enggan untuk presentasi. Diantaranyaaaa... Taraaaaa......

1. Grogi
2. Tidak menguasai materi (yang akan disampaikan)
3. Pendiem (lebih cenderungnya males ngomong sih.. -_-)
4. Not humanism person (tidak menyukai interaksi dengan orang banyak)
5. Nggak pede (misal : penampilan yang dirasa kurang oke, takut gelagapan kalo ngomong, takut nggak bisa jawab pertanyaan semisal audiensnya ngasih feedback)

Terkadang presentasi menjadi momok bagi para-para MAHAsiswa. Sebenernya mereka ngomong gitu karena sugesti aja, belom nyoba sih enaknya presentasi itu kayak apa.. heheheh

Mungkin untuk mereka yang jarang speaking di depan umum bakal menganggap presentasi itu susah, tapi sebenernya kalau mau belajar, kalau mau latian, pasti bisa lancar kok presentasinya. Banyak keuntungan kalo kamu bisa presentasi dengan lancar, diantaranya :
1. Memperlancar tugas-tugas presentasi kamu nih (biasanya tugas kelompok sih)
2. Dalam sebuah kompetisi, misal ikut perlombaan PKM, karya ilmiah atau riset-riset kayak gitu, presentasi memegang poin beberapa persen dari penentu kemenangan sebuah tim.
3. Latihan upgrade skill individu lah yaa, terutama bidang public speaking
4. Terkadang orang itu dinilai dari cara atau gayanya berbicara loh... (hahaha, mulai ngelantur nih)
5. Mempermudah kamu dalam interview kerja, karena sudah terbiasa menjawab pertanyaan ketika presentasi ^^

Aku mau share beberapa tips buat temen-temen supaya nggak grogi dan presentasinya bagus deh..

Pertama. Sebelum presentasi, pastikan dirimu menguasai materi yang akan disampaikan (bisa materi sidang skripsi, materi riset, karya ilmiah, maupun produk yang akan dijual). Presentasi itu kan buat menarik perhatian audiens, kalo kitanya nggak menguasai materinya, gimana bisa para audiens bisa tertarik tentang apa yang kita sampaikan.

Kedua. Persiapan sebelum presentasi. Ada beberapa hal yang harus disiapkan, misal LCD proyektor, leptop, charger leptop bila perlu, laser pointer, dan yang paling penting adalah file presentasi harus sudah SIAP. Kalau barang-barang tersebut belum dipersiapkan, sementara jam presentasi segera dimulai, itu cukup membuat kita gugup dan tidak terlalu konsen dengan materi presentasi kita.

Ketiga. Ketika giliran presentasi kamu tiba, siapkan diri kamu. Majulah dan kuasai dulu panggungnya. Pilih stage (posisi berdiri) yang enak untuk presentasi. Yang pasti tidak membelakangi audiens dan tidak membelakangi juri (jika disitu ada juri atau dosen yang berada di arah samping).

Keempat. Hadaplah ke audiens dan tersenyumlah ^^. Senyum lumayan bisa mencairkan suasana grogi yang timbul dari diri kamu sendiri. Bila masih grogi (misalnya karena disitu ada pakar-pakar ilmu yang tau tentang riset kamu), maka anutlah prinsip "PENYAMARATAAN". Maksutnya penyamarataan ini tuh, anggap audiens di depan kamu itu sama semua. Sama-sama nggak ngerti tentang yang bakal kamu sampein dan anggap aja kamu yang paling mengerti semuanya (kepedean dikit sih -_____-)

Kelima. Bila masih grogi lagi ketika menatap audiens, anggap aja para audiens itu "botol-botol kosong" (anggap seolah-olah tidak ada orang di depan kamu). Nah, biar kamu nggak terlihat seperti presentator yang "pandangannya kosong", tataplah ke bagian atas kepala audiens (bagian rambut). Interaksi mata ini sebenarnya trik sih. Dengan kamu menatap bagian atas kepala audiens, mata kamu akan terlihat seolah-olah berinteraksi dengan mata audiens, padahal sebenernya nggak sih. Takutnya nanti kalau kamu langsung menatap mata para audiens, nyali kamu jadi ciut atau tambah grogi. Setidaknya trik ini membantu lah.

Keenam. Saat presentasi, ngomongnya yang jelas yah, maksutnya spell-nya harus jelas. Jangan ngomong kayak orang yang lagi kumur-kumur. Oia, gaya ngomongnya nggak usah dibuat-buat yah. 

Ketujuh. Kalau kamu grogi sampe tanganmu gemeteran, bawalah barang yang bisa kamu genggam, misal bolpoint. Ini bisa ngurangin grogimu, karena tanganmu punya aktivitas untuk menggenggam sesuatu. Kalau tanganmu kosong, nggak bawa apa-apa, nanti groginya bisa kelihatan banget. Tapi kalau udah nggak grogi yaudah deh nggak usah bawa something untuk digenggam.

Kedelapan. Berdoa. Baca bismillah biar nggak deg-degan dan presentasinya dilancarkan.

Oia, banyak latihan di depan kaca yah. Biar kita tahu gimana ekspresi wajah dan gesture kita. Kalau di depan kaca kan tahu sudah seberapa anggunkah senyum kita (hahahaa, ngelantur -_-).
Dicoba yah.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar